Penyebab Berat Badan Susah Naik Pada Orang Dewasa

Inilah Penyebab Berat Badan Susah Naik Pada Orang Dewasa

Penyebab Berat Badan Susah Naik Pada Orang Dewasa – Anda pastinya pernah berfikir jika kita mengkonsumsi makanan dengan jumlah banyak akan menambah berat badan. Tetapi dalam kenyataannya, tidak sedikit dari mereka yang bisa dikatakan makannya banyak, tetapi tubuh tetap kurus atau berat badan tidak bertambah. Terkadang kita pun akan merasa bingung dengan kejadian tersebut.

Penyebab Berat Badan Susah Naik Pada Orang Dewasa

Maka dari itu, kami akan mengupas apa saja penyebab berat badan susah naik pada orang dewasa dan bagaimana cara mengatasinya. Menurut beberapa penelitian dan informasi, ternyata ada beberapa penyebab berat badan tidak naik yang umum terjadi. Pasti salah satu penyebabnya ada pada diri anda dan menyebabkan berat badan anda tidak naik.

Berikut Beberapa Penyebab Berat Badan Susah Naik Pada Orang Dewasa

  • Gangguan makan: Ini termasuk anoreksia nervosa , gangguan mental yang serius.
  • Diabetes: Memiliki diabetes yang tidak terkontrol (terutama tipe 1) dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah.
  • Kanker: Tumor kanker sering membakar kalori dalam jumlah besar dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan banyak berat badan.
  • Infeksi: Infeksi tertentu dapat menyebabkan seseorang menjadi sangat kurus. Ini termasuk parasit, tuberkulosis dan HIV / AIDS.
  • Penyakit seliaka: Bentuk paling berat dari intoleransi gluten . Kebanyakan orang dengan penyakit celiac tidak tahu bahwa mereka memilikinya ( 10 ).
  • Masalah tiroid: Memiliki tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat dan secara tidak langsung menyebabkan berat badan susah naik.
  • Kebiasan buruk. Beberapa kebiasaan buruk seperti merokok & kurang istirahat atau sering begadang juga dapat membuat seseorang susah dalam menaikan berat badan.
  • Stress. Stres atau depresi dapat menyebabkan penurunan selera makan dan gangguan pola makan yang tidak secara tidak langsung membuat berat badan Anda susah naik. Semua cara yang Anda lakukan akan sia-sia bila Anda tidak dapat mengelola kondisi psikologis Anda.

Itulah beberapa faktor penyebab berat badan susah naik pada orang dewasa yang mungkin salah satunya ada pada diri anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi atau tips sehat untuk menaikan berat badan, berikut diantaranya :

  1. Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari.
  2. Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  3. Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  4. Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.
  5. Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.
  6. Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai apa saja penyebab berat badan susah naik pada orang dewasa dan kami berikan tips agar anda bisa menjalani hidup sehat. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan anda jawaban dari semua pertanyaan yang mungkin belum anda temukan jawabannya.



ADVERTISEMENT :

Walatra Spirulina Kapsul Produk Penggemuk Badan Herbal Untuk Dewasa

Penyebab Berat Badan Susah Naik Pada Orang Dewasa



Posted. Obat Pilek Menahun

Penyebab Berat Badan Susah Naik Pada Orang Dewasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *