Riwayat Borussia Dortmund Lengkap dari Awalnya Berdiri Sampai Saat ini

Posted on

 

Borussia Dortmund terhitung salah satunya club bola asal Jerman yang populer. Club ini berbasiskan di kota Dortmund, Jerman bernama asli Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund. Dortmund terhitung salah satunya club paling sukses di Jerman dengan torehan 8 gelar Liga Jerman, cuman kalah atas Bayern Munchen. Mereka pernah sekali meraih piala juara Liga Champions. Tentu saja club ini mempunyai riwayat panjang semenjak awalnya dibangun. Di bawah ini adalah riwayat Borussia Dortmund dari awalnya berdiri sampai berhasil seperti saat ini.

Riwayat Borussia Dortmund

Dibangun di Tahun 1909

Borussia Dortmund pertama dibangun pada tanggal 19 Desember 1909. Pendirinya ialah sekumpulan pemuda yang waktu itu tidak suka dengan gereja Katolik Trinity Youth. Mereka juga membangun club sepakbola yang dinamakan Borussia yang asal usulnya berawal dari nama merek bir lokal. Awalannya club ini kenakan jersey warna biru dan putih saat sebelum bertukar dengan warna kuning-hitam semenjak tahun 1913.

Sepanjang beberapa dasawarsa di depan, club ini meraih keberhasilan di liga lokal. Dortmund hampir akan dirundung permasalahan keuangan diakhir 20an, tetapi bangkit kembali pada tahun 30an. Rumor Nazi dan Perang Dunia II sempat membuat beberapa pejabat Dortmund keluar sebab ketidaksamaan politik. Club ini sempat meraih keberhasilan di liga lokal Jamahga Westfalen.

Sesudah periode perang club ini sempat dimerger dengan klub-klub lain jadi Ballspiel-Verein Borussia (BVB) dan tampi di persaingan nasional pada tahun 1949. Borussia Dortmund selanjutnya tampil di persaingan Oberliga West pada tahun 50an. Tahun 1956, mereka meraih gelar nasional pertama mereka yang dituruti dengan titel juara pada tahun selanjutnya. Dortmund berhasil meraih piala juara nasional paling akhir saat sebelum pembangunan Bundesliga pada tahun 1963.

Zaman Bundesliga

Tahun 1963 persaingan Bundesliga pertama diadakan yang menjadikan satu bermacam persaingan regional di Jerman. Dortmund mengambil sisi di Bundesliga. Mereka meraih DFB Pokal pertama pada tahun 1965. Tahun 1966, Dortmund jadi club Jerman pertama yang meraih piala Eropa, dengan meraih gelar Winners Cup. Tahun 70an Dortmund sempat tersuruk sebab permasalahan keuangan sampai sempat terdegradasi.

Pada tahun 1974, Dortmund resmikan stadion baru namanya Westfalenstadion yang menjadi salah satunya stadion paling besar di Jerman. Walau demikian, prestasi Borussia Dortmund tidak juga bertambah. Mereka sering bergelut di papan bawah dan permasalahan keuangan masih menempa. Baru di tahun 1989 mereka kembali lagi meraih piala, yakni DFB Pokal.

Periode Keemasan dan Juara Liga Champions

Tahun 90an jadi periode keemasan Borussia Dortmund. Mereka menjadi finalis Piala UEFA pada tahun 1993 yang menolong memantapkan keadaan keuangan club. Tahun 1995 dan 1996, Dortmund meraih 2 gelar Bundesliga Jerman secara berturut-turut. Ini ditambah lagi gelar lokal lain seperti DFL Supercup pada tahun 1995 dan 1996.

Pucuknya terang saat Dortmund merah piala Liga Champions Eropa pada musim 1996-97 waktu diatasi pelatih Ottmar Hitzfeld. Piala ini jadi piala Liga Champions pertama dan salah satu dalam riwayat Borussia Dortmund. Waktu Dortmund menaklukkan juara bertahan Juventus di final dengan score 3-1. Mereka berhasil meraih piala Intercontinental Cup 1997 yang mengidentifikasi zaman keemasan club ini. Beberapa pemain kunci Dortmund pada tahun 90an diantaranya ialah Matthias Sammer, Karl-Heinz Riedle, Lars Ricken dan Andreas Moller.

Kritis Keuangan Tahun 2000an

Di zaman 2000an, Dortmund jadi club Jerman pertama yang dibuka pada umumnya atau go public. Mereka sempat meraih piala Bundesliga pada tahun 2002 dan jadi runner up UEFA Cup pada tahun yang serupa. Tetapi kemudian mereka alami kemerosotan yang mencolok. Permasalahan keuangan menjadi lagi pemicunya. Utang yang banyak membuat Dortmund harus cari utang supaya tidak pailit.

Dortmund mendapatkan utang dari club pesaing Bayern Munchen. Mereka jual hak nama stadion hingga sekarang stadion Dortmund diketahui bernama Sinyal Iduna Park. Mereka juga harus jual beberapa pemain bintang mereka supaya tidak pailit, seperti Tomas Rosicky dan David Odonkor.

Zaman Pelatih Jurgen Klopp

Tahun 2008 Jurgen Klopp tiba jadi pelatih baru. Prestasi Dortmund juga langsung bertambah. Die Borussien sukses jadi juara Bundesliga 2011. Musim selanjutnya, Klopp bawa Dortmund meraih double winners, yaitu Bundesliga dan DFB Pokal. Dortmund sempat meluncur ke babak final Liga Champions 2013, tetapi ditaklukkan Bayern Munchen di final yang menghadapkan 2 club asal Jerman. Klopp juga jadi salah satunya pelatih paling sukses dalam riwayat Borussia Dortmund.

Beberapa pemain kunci Dortmund di zaman Jurgen Klopp diantaranya ialah Robert Lewandowski, Mario Gotze, Mats Hummels, Nuri Sahin, Ilkay Gundogan, Shinji Kagawa, Lukasz Piszczek dan Roman Weidenfeller. Klopp pada akhirnya mundur pada tahun 2015. Dortmund juga berhasil jadi club hebat Jerman dan jadi kompetitor khusus Bayern di Bundesliga setiap musimnya. Dortmund juga stabil berkompetisi di Liga Champions dan seringkali bisa lolos sampai babak perempat final.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *