Shopee Liga 1, Salah satu Pertandingan di ASEAN yang Tidak Lanjut

Posted on

 

Indonesia jadi salah satu negara di Asia Tenggara yang tidak meneruskan pertandingan tahun ini. Walau sebenarnya pertandingan beberapa negara tetangga telah usai.
Indonesia benar-benar ketinggalan dalam mengurus pertandingan di tengah-tengah keadaan wabah COVID-19. Sebetulnya, PSSI atau PT Liga Indonesia Baru (LIB) pengin pertandingan diteruskan.

Gagasan awalannya, pertandingan Shopee Liga 1 serta Liga 2 2020 diteruskan semenjak awalnya Oktober. Sayang, izin Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang tidak turun membuat PSSI pada akhirnya memutus tunda pertandingan ke tahun 2021.

Semula Indonesia tidak sendiri. Ada pula Filipina serta Singapura yang pertandingannya terlambat karena wabah virus corona.

Terakhir, Singapore Premier League atau Liga Primer Singapura telah diadakan kembali semenjak 17 Oktober. Sedang Philippines Football League atau Liga Filipina pada akhirnya mengawali pertandingan untuk 28 Oktober.

Bergulirnya pertandingan di Singapura serta Filipina membuat Indonesia jadi salah satu anggota ASEAN yang tidak meneruskan pertandingan tahun ini. Indonesia tidak mendapatkan suport berkaitan kemauan menggelindingkan pertandingan.

Selain Indonesia, sebetulnya ada Timor Leste serta Brunei. Tetapi Timor Leste telah mengadakan Copa FFTL, walau pertandingan domestiknya belum tahu apa akan diadakan atau mungkin tidak. Minimal telah ada aktivitas sepakbola di situ.

Sedang Brunei telah membuat keputusan keras. Mereka telah memutuskan jika pertandingan ditiadakan semenjak awalnya tahun sesudah menyebarnya pandemi virus corona.

Buat Indonesia, tiadanya pertandingan sampai 2021 akan memunculkan banyak resiko. Dimulai dari perombakan pola yang perlu sesuaikan sampai memburu ketinggalan waktu supaya pertandingan musim 2021 tidak terlambat begitu jauh.

Janganlah lupa , Indonesia tetap punyai porsi berlaga di Piala AFC musim 2021. Pertanyaannya, club yang mana akan sebagai wakil Indonesia di Piala AFC tahun kedepan bila pertandingannya baru diadakan pada tahun 2021?

Anggota AFF yang tidak/belum meneruskan pertandingan lokal 2020:

1. Indonesia (Tunda)

Anggota AFF yang belum memutus serta menghapus pertandingan lokal 2020:

1. Timor Leste (Baru jalankan Copa)
2. Brunei (Ditiadakan)

Anggota AFF yang telah meneruskan pertandingan:

1. Kamboja
2. Myanmar
3. Laos
4. Malaysia
5. Thailand
6. Vietnam
7. Singapura
8. Filipina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *